Pemeriksaan Glukosa Darah Sewaktu Pada Masyarakat Desa Labungga Kecamatan Andowia Kabupaten Konawe Utara

  • Susanti Susanti Politeknik Bina Husada Kendari
  • Sri Aprilianti Idris Politeknik Bina Husada Kendari
  • Kemal Idris Balaka Politeknik Bina Husada Kendari
  • Ani Umar Politeknik Bina Husada Kendari
  • Alma Dita Harun Politeknik Bina Husada Kendari
  • Suci Devianti Ningsih Politeknik Bina Husada Kendari
Keywords: Glukosa, Hipoglikemia, Hiperglikemia

Abstract

Pentingnya kegiatan Pengabmas adalah untuk membantu masyarakat terutama masyarakat dengan golongan menengah ke bawah untuk melakukan pemeriksaan penunjang penyakit kardiovaskuler yang sering diderita oleh masyarakat, Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengetahui hasil pemeriksaan glukosa darah sewaktu pada masyarakat Desa Labungga Kabupaten Konawe Utara Sulawesi Tenggara. Desain kegiatan ini menggunakan desain deskriptif observasional yaitu menggambarkan hasil pemeriksaan glukosa darah berdasarkan hasil observasi di lapangan. Dari pemeriksaan kadar glukosa darah sewaktu yang dilakukan di Desa Labungga Kecamatan Andowia diperoleh kadar glukosa normal sebanyak 47 orang (49,48%), hipoglikemia sebanyak 2 orang (2,10%), dan hiperglikemia sebanyak 46 orang (48,42%).

References

Amir, S. M. J., Wungouw, H., & Pangemanan, D. (2015). Kadar glukosa darah sewaktu pada pasien diabetes melitus tipe 2 di Puskesmas Bahu kota Manado. E-Biomedik, 3(1).

Aulia, F. H. (2021). Hubungan Pola Makan Dengan Kadar Gula Darah Masyarakat Di Kota Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Bistara, D. N. (2018). Hubungan Pola Makan Dengan Gula Darah Pada Penderita Diabetes Mellitus. Jurnal Kesehatan Vokasional (JKESVO), 3(1), 29–34.

Firgiansyah, A. (2016). Perbandingan kadar glukosa darah menggunakan spektrofotometer dan glukometer. Skripsi.

Indriatiningsih, W., Nugraha, W. A., Putri, S. M., Sa’adah, A., Sulistyaningtyas, A. R., & Ethica, S. N. (2019). Praktik pembangunan kesehatan masyarakat (PPKM) dalam upaya pencegahan penyakit kardiovaskuler di Desa Ngablak Kidul, Pedurungan, Semarang. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus, 2.

Rukmana, R. M., Sulistyawati, D., & Herawati, R. (2019). Penyuluhan Pengaturan Konsumsi Makanan Sehat Dan Pemeriksaan Glukosa Darah Di Kelompok Posyandu Lansia Rw 18 Perumnas Mojosongo, Surakarta, Jawa Tengah. JURNAL CEMERLANG: Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 1–12.

Swarjana, I. K., & Bali, S. (2017). Ilmu Kesehatan Masyarakat-Konsep, Strategi dan Praktik. Penerbit Andi.

Published
2023-01-31