Pemeriksaan Kadar Asam Urat Pada Masyarakat Desa Puuwonua Kecamatan Andowia

  • Muhammad Sultanul Aulya Politeknik Bina Husada Kendari
  • Firdayanti Firdayanti Politeknik Bina Husada Kendari
  • Angriani Fusvita Politeknik Bina Husada Kendari
  • Apriyanto Apriyanto Politeknik Bina Husada Kendari
  • Nurul Afdhaliyah Nurdin Politeknik Bina Husada Kendari
  • Anggraeni Anggraeni Politeknik Bina Husada Kendari
  • Niluh Eka Ayu Pratiwi Politeknik Bina Husada Kendari
Keywords: Asam urat Kardiovaskular Purin

Abstract

Pentingnya kegiatan Pengabmas adalah untuk membantu masyarakat terutama masyarakat yang bergolongan menengah ke bawah untuk melakukan pemeriksaan penunjang penyakit kardiovaskuler yang sering diderita oleh masyarakat, tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengetahui hasil pemeriksaan kadar asam urat pada masyarakat di desa Puuwonua Kecamatan Andowia., Desain kegiatan ini menggunakan desain deskriptif observational yaitu menggambarkan hasil pemeriksaan asam urat berdasarkan hasil obervasi dilapangan. Dari kegiatan yang telah dilakukan diperoleh hasil pemeriksaan asam urat pada masyarakat Desa Puuwonua Kecamatan Andowia, dengan jumlah sampel 21 sampel maka diperoleh hasil pemeriksaan asam urat dengan jenis kelamin laki-laki, yang normal sebanyak 6 orang (100%). Sedangkan untuk jenis kelamin perempuan, yang normal sebanyak 12 (80%) orang dan yang mengalami hiperurisemia sebanyak 3 orang (20%).

References

Allender, J., Rector, C., & Warner, K. (2010). Community Health Nursing: promoting the public’s health. Philadelphia: Wolterskluwer Health Lippincott Williams & Wilkins.

Bobaya, P., Bidjuni, H., & Kallo, V. (2016). Hubungan tingkat stres dengan kejadian gout artritis di puskesmas Tobelo Kecamatan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara. Jurnal Keperawatan, 4(1).

Haryani, S., Sahar, J., & Sukihananto, S. (2016). Penyuluhan Kesehatan Langsung dan melalui Media Massa Berpengaruh terhadap Perawatan Hipertensi pada Usia Dewasa Di Kota Depok. Jurnal Keperawatan Indonesia, 19(3), 161–168.

Widi, R. R., Kertia, N., & Wachid, D. N. (2010). Hubungan Dukungan Sosial Terhadap Derajat Nyeri pada Penderita Artritis Gout Fase Akut. Berita Kedokteran Masyarakat, 27(1), 51.

Wijaya, A. S. W. A. S. (2015). The effect of ethanol extract of soursop leaves (Annona muricata L.) to decreased levels of malondialdehyde. Jurnal Majority, 4(3).

Zahara, R. (2013). Artritis Gout Metakarpal dengan Perilaku Makan Tinggi Purin Diperberat oleh Aktifitas Mekanik Pada Kepala Keluarga dengan Posisi Menggenggam Statis. Jurnal Medula, 1(03), 67–76.

Published
2023-01-31