Survei Kesehatan Gigi dan Mulut Dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Hidup di Desa Lamotau

  • Asmawati Asmawati Politeknik Bina Husada Kendari
  • Suhikma Sofyan Politeknik Bina Husada Kendari
  • Adriatman Rasak Politeknik Bina Husada Kendari
Keywords: Kesehatan Gigi, Mulut

Abstract

Pelayanan asuhan kesehatan gigi dan mulut masyarakat merupakan wadah yang tepat untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh pada saat proses belajar mengajar praktik kerja lapangan bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar dan keterampilan kepada mahasiswa agar memperoleh hasil yang efisien efektif dan optimal dalam mencari, mengolah data, menganalisis data atau informasi serta menginterpretasikan hasil pada saat intervensi kepada masyarakat. Tujuan pengabdian ini untuk mengetahui data kesehatan gigi dan mulut masyarakat dan memberikan edukasi tentang kesehatan gigi dan mulut. Metode pengabdian dilakukan dengan pemeriksaan OHI-S pada kelompok masyarakat di Desa Lamotau, Kecamatan Kolono, Konawe Selatan. Hasil pengabdian yang dilakukan ditemukan jika angka indeks OHIS dari 22 KK atau sebanyak 44 orang, yang memiliki kategori baik sebanyak 18 orang 40,1%), sedang sebanyak 24 orang (54,5%) dan kategori buruk 2 orang (4,5%).

References

Anang. (2019). Gambaran Pengetahuan Tentang Kesehatan dan Mulut dengan Status Kebersihan Gigi dan Mulut (OHI-S) pada Siswa SMP di Majalengka. 4(3), 44 – 50.

Ardani, IG. (2018). Gigi Sehat Anak Cerdas. Yogyakarta: Deepublish.

Arini, N. W. (2011). Perilaku Pasien Terhadap Upaya Pembersihan Karang Gigi di BPG Puskesmas II Denpasar Timur Kota Denpasar. Jurnal Kesehatan Gigi 1(1),16-21.

Iv, V., Agustus, N., Pengetahuan, H., Tindakan, D. A. N., Dengan , L., Solavide, P., Sijabat, B., Hatta, I., & Sari, G. D. (2020). Dentin Jurnal Kedokteran Gigi Status Kebersihan Gigi dan Mulut (Tinjauan pada Pani Sosial Tresna Werdha di Kalimantan Selatan). IV (2), 32 – 38

Sari, P. I. (2018). Gambaran OHI-S Serta Tingkat Pengetahuan Tentang Kebersihan Gigi dan Mulut pada Siswa Kelas IV dan V SDN 4 Sibang Kaja. 8 – 21.

Published
2023-01-31