Pemeriksaan def-t Dalam Meningkatkan Derajat Kesehatan Gigi Pada Anak Pra Sekolah di TK Pembina Kota Kendari

  • Nuraisya Nuraisya Politeknik Bina Husada Kendari
  • Aisyah Facruddin Politeknik Bina Husada Kendari
  • Nur Awalia Putri Zainal Politeknik Bina Husada Kendari
  • Nia Afdilla Politeknik Bina Husada Kendari
  • Desih Welliam Politeknik Bina Husada Kendari
  • Merry Erfiani Politeknik Bina Husada Kendari
Keywords: Kesehatan Gigi, def-t

Abstract

Kesehatan gigi dan mulut merupakan komponen dari kesehatan umum yang berperan penting dalam fungsi pengunyahan, fungsi bicara, dan fungsi kecantikan. status kesehatan gigi dan mulut yang optimal juga dapat dicapai dengan meningkatkan upaya promotif dan preventif sedini mungkin. Mengingat hakikatnya upaya kesehatan yaitu tercapainya kemampuan hidup sehat bagi setiap penduduk agar dapat memperoleh derajat kesehatan yang optimal sebagai salah satu unsur kesejahteraan umum dan tujuan nasional, sudah selayaknya kita sebagai tenaga kesehatan bertanggung jawab penuh untuk mewujudkan program UKGS sebagai salah satu program pemerintah. Melalui program Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) merupakan salah satu bentuk kegiatan untuk melihat kondisi kesehatan gigi dan mulut pada anak sekolah terutama anak pra sekolah karena pada usia pra sekolah (umur 5-6 tahun) masih belum bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut nya sendiri. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Tercapainya derajat kesehatan gigi dan mulut siswa yang optimal. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan Tingkat keparahan status karies gigi sulung yang diperiksa siswa kelas B II dan B IV TK PEMBINA tergolong sangat tinggi. Di TK PEMBINA Kelas B II (def-t = 8,4) sedangkan kelas B IV (def-t = 6,8). sehingga Seluruh siswa yang diperiksa memerlukan rujukan untuk dilakukan perawatan berupa Konservasi gigi, pencabutan gigi dan PSA dan perlunya bimbingan orang tua di rumah bagaimna cara menjaga kebersihan gigi dan mulut yang baik.

References

Abdullah, Nurwiyana. 2018. “Hubungan Status Kesehatan Gigi Dan Mulut Anak Sekolah Dengan Pelaksanaan UKSG (Usaha Kesehatan Gigi Sekolah) Di Sekolah Dasar Dan Sederajat Se Kota Makassar.” Jurnal Media Kesehatan Gigi 17(1): 32–33.

Amaliah Andi Jalante, A, Suhartatik, and Syaifuddin Zaenal. 2020. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Karies Gigi Pada Anak Di Sdn 108 Taulan Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang.” Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis 15(2): 2302–2531. http://jurnal.stikesnh.ac.id/index.php/jikd/article/view/247.

Angelica, Cynthia, Linda Sari Sembiring, and Winny Suwindere. 2019. “

Pengaruh Tingkat Pendidikan Tinggi Dan Perilaku Ibu Terhadap Indeks Def-t Pada Anak Usia 4‒5 Tahun

The Influence of Higher Education Level and Maternal Behaviour on the Def-t Index in Children Aged 4‒5 Years Old

.” Padjadjaran Journal of Dental Researchers and Students 3(1): 20.

Kementerian Kesehatan RI. 2012. Pedoman Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS). http://pdgi.or.id/wp-content/uploads/2015/04/UKGS.pdf.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Laporan_Nasional_RKD2018_FINAL.Pdf. http://labdata.litbang.kemkes.go.id/images/download/laporan/RKD/2018/Laporan_Nasional_RKD2018_FINAL.pdf.

Marlinda, Astri Titania, Anita Chandra, S Dewi, and Mila Karmila. 2019. “Analisis Pencegahan Gigi Karies Melalui Cara Menyikat Gigi Dan Pola Makan Yang Tepat Pada Usia 5-6 Tahun.” Seminar Nasional PAUD 2019.

Pudyasari, Raras Sekti, Henry Setiawan Susanto, Retno Hestiningsih, and Ari Udiyono. 2017. “Gambaran Praktik Anak Dalam Pencegahan Karies Gigi Dengan Kejadian Early Childhood Caries (Ecc) Pada Anak Prasekolah Di Wilayah Kerja Puskesmas Bandarharjo, Semarang Utara, Kota Semarang.” Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal) 5(4): 467–74.

Purnama, Tedi et al. 2020. “Model 5Days Gosgi Sebagai Upaya Pembentukan Kemandirian Menggosok Gigi Anak Usia Dini Di Sekolah.” Quality : Jurnal Kesehatan 14(1): 19–24.

Raiyanti, Iga et al. 2019. “Peningkatan Kesehatan Gigi Dan Mulut Siswa Di Lingkungan Sekolah Dengan Pemberdayaan Guru Di Sekolah Dasar Negeri 1 Dawan Kaler Klungkung.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.

Widodo, Yufen. 2022. “Pengaruh Media Irene ’ s Donut Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Perilaku Ibu Dalam Mencegah Karies Gigi Pada Anak Prasekolah The Influence of Irene ’ s Donut Media on Increasing Mother ’ s Knowledge and Behavior in Preventing Dental Caries in Preschoo.” Jurnal Kesehatan Gigi 13(2): 253–58. http://ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JK.

Published
2023-01-31