Edukasi Dan Pendampingan Pengelolaan Laporan Keuangan Pada Yayasan Karya Kesehatan Berdasarkan Pedoman Akuntansi

  • Tuti Dharmawati Universitas Halu Oleo
  • Burhanuddin Burhanuddin Politeknik Bina Husada Kendari
  • Gjosphink Putra Umar Sakka Politeknik Bina Husada Kendari
  • Wulandari Pryangan Politeknik Bina Husada Kendari
  • Rizky Maharani Rustam Politeknik Bina Husada Kendari
  • Azwan Hepriansyah Politeknik Bina Husada Kendari
Keywords: Pengelolaan Keuangan, Yayasan

Abstract

Pengelolaan keuangan menjadi salah satu aspek yang sangat penting bagi suatu perusahaan dan organisasi Nirlaba Tujuan Laporan keuangan Yayasan Karya Kesehatan adalah untuk menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, Aktivitas, serta laporan arus kas Yayasan Karya Kesehatan yang bermanfaat bagi sejumlah pemakai dalam pengambilan keputusan. Laporan Keuangan sesuai yang lengkap dengan pedoman akuntansi pada yayasan meliputi Laporan Posisi Keuangan, Laporan Aktivitas, Laporan Arus Kas, dan Catatan Atas Laporan Keuangan.  Target Pengabdian ini yaitu peningkatan kemampuan Staf Yayasan, Bendahara dan Pengelola/Pimpinan Yayasan pada Yayasan Karya Kesehatan di Kota Kendari dalam mengelola pertanggungjawaban keuangan sehingga meningkatkan kompetensi dan keterampilan sumber daya manusia masyarakat dibidang akuntansi. Metode pelaksanaan kegiatan untuk mencapai tujuan tersebut adalah metode ceramah dan diskusi yang dilakukan oleh Tim untuk memberikan penjelasan tentang tujuan, manfaat dan kegunaan dari kegiatan pengabdian masyarakat serta Sosialisasi Dan Pendampingan Pengelolaan Laporan Keuangan Yayasan Karya Kesehatan Berdasarkan Pedoman Akuntansi yang ada pada Yayasan Di Kota Kendari. Selanjutnya metode demonstrasi dan pendampingan, dilaksanakan untuk memperagakan penyusunan laporan keuangan dan pertanggungjawaban keuangan.

References

Anand, D. 2018. Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan Yayasan Berdasarkan PSAK 45. Jurnal Kajian Akuntansi, 2(2), 160-177.

Bastian, Indra. 2007. Akuntansi Yayasan dan Lembaga Publik, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2023. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 45 Tentang Pelaporan Keuangan Organisasi Nirlaba, Ikatan Akuntan Indonesia.

Mahsun, Moh. 2013. Akuntansi Sektor Publik : Akuntansi Organisasi Nirlaba, Edisi Kedua dan Ketiga, BPFE, Yogyakarta.

Rosalina, E., Andriyani, W., Wirahadi, A., Sriyuniati, F., & Handayani, D. 2020. Excel For Accounting Untuk Penyusunan Laporan Keuangan Pada Yayasan Panti Asuhan. Akuntansi Dan Manajemen, 15(1), 102-107.

Sulistyowati, C., Farihah, E., dan Hartadinata, O. S. 2020. Anggaran Perusahaan: Teori Dan Praktika. SCOPINDO MEDIA PUSTAKA.

Undang-undang RI Nomor 16 Tahun 2001 tentang Yayasan, CV. Mini Jaya Abadi, Jakarta.

Zulfikar, Z., Syamsiyati, R. N., & Muttaqin, A. 201). Bimbingan Teknis Tata Kelola Keuangan dan Anggaran Berbasis Kinerja Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Muhammadiyah Palembang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 393-400.

Published
2023-01-31