Sosialisasi Pemanfaatan Potensi Tanaman Desa di Desa Laimeo

  • Adryan Fristiohadi Universitas Halu Oleo
  • Muhammad Hajrul Malaka Universitas Halu Oleo
  • Wahyuni Wahyuni Universitas Halu Oleo
  • Muhammad Israwan Aziz Universitas Halu Oleo
  • La Ode Muh. Fitrawan Universitas Halu Oleo
  • Astrid Indalifiany Universitas Halu Oleo
  • Sahidin Sahidin Universitas Halu Oleo
  • Agung Wibawa Mahatva Yodha Politeknik Bina Husada Kendari
  • Rahmat Muliadi Universitas Halu Oleo
  • Fadhliyah Malik Universitas Halu Oleo
Keywords: Pengabdian, Tanaman Obat, Desa Laimeo

Abstract

Laimeo merupakan sebuah wilayah yang ada di pesisir laut. dikarenakan hal tersebut, mayoritas mata pencaharian masyarakat setempat adalah nelayan. Sementara itu, terdapat kekayaan alam lain yang dapat dimanfaatakan potensinya dalam bidang kesehatan dan inovasi usaha lainnya. Obat-obatan tradisional Indonesia umumnya memiliki peranan yang sangat besar terutama dalam kaitannya dengan pelayanan kesehatan masyarakat. Namun demikian tampaknya pemanfaatan tanaman obat di Indonesia masih belum dilakukan secara optimal untuk kesehatan. Padahal saat ini biaya pengobatan modern cukup mahal di tambah lagi dengan krisis ekonomi yang belum sepenuhnya berakhir. Tujuan pengabdian ini untuk memberikan meningkatkan pemahaman terhadap potensi tanaman desa dalam bidang kesehatan dan beragam inovasi usaha. Metode Pengabdian dilakukan dengan memberi sosiaisasi (ceramah dan tanya jawab) pada kelompok masyarakat di desa Laimeo, Kecamatan Sawa, Kabupaten Konawe Utara. Hasil pengabdian yang dilakukan mampu meningkatkan pemahaman masyarakat desa laimeo tentang tanaman obat yang ada disekitarnya.

References

Aseptianova, A. (2019). Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga Untuk Pengobatan Keluarga Di Kelurahan Kebun Bunga Kecamatan Sukarami-Kota Palembang. Batoboh, 3(1), 1. https://doi.org/10.26887/bt.v3i1.680

Dwi, F.S., Eka, S.A., dan Heru, B., 2020, Pengembangan Potensi Lokal Masyarakat Desa Dalam Peningkatan Gizi Balita, Yogyakarta: BILDUNG

Latifah, H., & Sultan, H., 2020, Identifikasi Potensi Pemanfaatan Tanaman Obat Di Desa Tongkonan Kabupaten Enrekang, AGRITECH, Vol. XXII (2)

Sari, I. D., Yuniar, Y., Siahaan, S., Riswati, R., & Syaripuddin, M., 201, Tradisi masyarakat dalam penanaman dan pemanfaatan tumbuhan obat lekat di pekarangan. Jurnal Kefarmasian Indonesia, 123-132.

Syukur Siregar, R., Firmansyah Tanjung, A., Fadhly Siregar, A., Hartono Bangun, I., & Oniva Mulya, M. (2020). Studi Literatur Tentang Pemanfaatan Tanaman Obat Tradisional. Seminar of Social Sciences Engineering & Humaniora, e- ISSN 2775-4049, 385–391.

Published
2023-07-31