Pemeriksaan Kolesterol Pada Masyarakat Desa Labungga Kecamatan Andowia Kabupaten Konawe Utara

  • Sri Aprilianti Idris Politeknik Bina Husada Kendari
  • Susanti Susanti Politeknik Bina Husada Kendari
  • Ani Umar Politeknik Bina Husada Kendari
  • Kemal Idris Balaka Politeknik Bina Husada Kendari
  • Muhammad Azdar Setiawan Politeknik Bina Husada Kendari
  • Alma Dita Harun Politeknik Bina Husada Kendari
  • Nurul Afdhaliyah Nurdin Politeknik Bina Husada Kendari
  • Muhammad Ilyas Yusuf Politeknik Bina Husada Kendari
Keywords: Kolesterol, Kesehatan, Kardiovaskuler

Abstract

Pentingnya kegiatan Pengabmas adalah untuk membantu masyarakat terutama masyarakat yang bergolongan menengah ke bawah untuk melakukan pemeriksaan penunjang penyakit kardiovaskuler yang sering diderita oleh masyarakat, Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengetahui hasil pemeriksaan kolestrol pada masyarakat Desa Labungga Kabupaten Konawe Utara Sulawesi Tenggara, Desain kegiatan ini menggunakan desain deskriptif observasional yaitu menggambarkan hasil pemeriksaan Kolesterol berdasarkan hasil observasi di lapangan.. Berdasarkan hasil pemeriksaan kadar kolesterol yang dilakukan di Desa Labungga Kecamatan Andowia diperoleh kadar kolesterol normal sebanyak 47 orang (59,49 %), dan kadar kolesterol tinggi berjumlah 32 orang (40,51 %).

References

Khusuma, A., Agata, A., & Roselyin, A. P. (2020). Efektivitas Konsumsi Jus Alpukat Dan Bayam Terhadap Pasien Dengan Kadar Kolesterol Tinggi. Jurnal Gizi Prima (Prime Nutrition Journal), 5(2), 86–90.

Kosasih, E. N., & Kosasih, A. S. (2008). Tafsiran Hasil Pemeriksaan Laboratorium Klinik. Tangerang: Karisma Publishing Grup.

Liviani, N. (2020). Literatur Gambaran Kolesterol Pada Usia Produktif Yang Kurang Dan Lebih Dari Indeks Masa Tubuh. Stikes Bth Tasikmalaya.

Mukaromah, A. H., Putri, G. S. A., Qomariyah, N., Wijanarko, W., & Sya’diah, P. R. H. (2020). Pemeriksaan Glukosa, Kolesterol Dan Asam Urat Pada Masyarakat Peserta Car Free Day Di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Kota Semarang. Jurnal Surya Masyarakat, 2(2), 133–138.

Saputra, O., & Anam, K. (2016). Gaya Hidup Sebagai Faktor Risiko Hipertensi Pada Masyarakat Pesisir Pantai. Jurnal Majority, 5(3), 118–123.

Wiryowidagdo, S., & Sitanggang, M. (2002). Obat Tradisional Untuk Penyakit Jantung, Darah Tinggi Dan Kolesterol. Jakarta: Agromedia Pustaka.

Published
2023-07-31