Survey Dan Pemeriksaan Kesehatan Gigi Dalam Upaya Peningkatan Derajat Kesehatan Gigi Dan Mulut Di Kelurahan Tobimeita

  • Nia Afdilla Politeknik Bina Husada Kendari
  • Aisyah Fachruddin Politeknik Bina Husada Kendari
  • Nuraisya Nuraisya Politeknik Bina Husada Kendari
  • Nur Awalia Putri Zainal Politeknik Bina Husada Kendari
  • Muhammad Asman Setiawan Politeknik Bina Husada Kendari
  • Asmawati Asmawati Politeknik Bina Husada Kendari
Keywords: Kesehatan gigi, DMF-T, OHI-S, GI

Abstract

Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian integral dari kesehatan tubuh secara keseluruhan yang tidak dapat dipisahkan dari kesehatan tubuh secara umum. Pelayanan asuhan kesehatan gigi dan mulut merupakan layanan kesehatan yang terkhusus kepada kesehatan gigi dan mulut pada kelompok tertentu atau individu dalam kurun waktu yang dilakukan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan untuk mencapai taraf kesehatan gigi dan mulut yang opimal . Tujuan Pengabdian ini untuk mengetahui jumlah DMF-T, OHI-S, GI dan memberikan pemahaman dan penyuluhan tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Metode pengabdian dengan melakukan pemeriksaan DMF-T, def-t, OHI-S, GI pada kelompok masyarakat di kelurahan Tobimeita. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan presentase DMF-T yaitu 5,8 dengan kategori tinggi, OHI-S yaitu kategori baik = 30,2 %, Sedang = 51,2%, Buruk 18,6%, GI yaitu 0,8 dengan kategori peradangan ringan.

References

Facruddin, A., Awalia, N., Zainal, P., & Afdilla, N. (2023). Jurnal Abdi dan Dedikasi Kepada Masyarakat Indonesia Pemeriksaan def-t Dalam Meningkatkan Derajat Kesehatan Gigi Pada Anak Pra Sekolah di TK Pembina Kota Kendari. 01(1).

Rimadini, V. A. (2019). Pelayanan Asuhan Keperawatan Gigi dan Mulut Masyarakat. Politeknik Kemenkes RI Palembang Jurusan Keperawatan Gigi, 1-20.

World Health Organization. (2016). WHO expert consultation on public health intervention against early childhood caries: report of a meeting. Bangkok, Thailand, 26-28 January 2016.

Purnama T, Ngatemi IF, Widiyastuti R. Model Mentoring Teachers and Parents as an Efforts for Brushing Teeth Behavior in Preschool Children. Indian J Forensic Med Toxicology. 2020;14(4):3511.

Kasihani NN, Ngatemi TP, Purnama T.Determinants of Parental Behavior in Maintaining Deciduous Teeth in Early Childhood: A Cross Sectional Study. Eur J Mol Clin Med. 8(02):2021.

Muliadi, Agus; Isnanto, Isnanto; Marjianto, Agus. Pengetahuan Kebersihan Gigi Dan Mulut Pada Siswa Kelas Vi Mi Nahdlatul Wathan Pringgasela Lombok Timur. Jurnal Ilmiah Keperawatan Gigi, 2022, 3.1: 1-12.

Mudhawaroh, M., Prihartanti, N. G., Ningtyas, S. F., & Purwanti, R. (2023). Pemeriksaan Dan Pemantauan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Anak Usia Dini Di TK Terpadu Alif Center Kabupaten Jombang. PEKAT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 10-15.

Kristianto, Jusuf, Nita Noviani, And Syifa Yulia Lestari. "Penyuluhan Kesehatan Gigi Pada Murid Tk Global Mandiri Regency Dengan Penyuluhan Interkatif Dan Video Menyikat Gigi: Dental Health Education For Kindergarten Students Global Mandiri Regency With Interactive Education And Videos Toothbrush." Gemakes: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3.1 (2023): 103-107.

Published
2023-07-31