Sosialisasi Pentingnya Pengendalian Intern Perbankan Pada Bank Syariah

  • Erwin Hadisantoso Universitas Halu Oleo
  • Tuti Dharmawati Universitas Halu Oleo
  • Intihanah Intihanah Universitas Halu Oleo
  • Mulyati Akib Universitas Halu Oleo
  • Aldino Pasha Universitas Halu Oleo
Keywords: Pengendalian, Intern Perbankan, Bank Muamalat

Abstract

Pentingnya pengendalian intern menjadi salah satu aspek yang sangat penting bagi suatu perusahaan dan organisasi Nirlaba Tujuan pengendalian intern Bank Muamalat adalah untuk menganalisis dan mengatasi setiap resiko atau masalah yang timbul yang berhubungan dengan pengendalian intern. pengendalian intern pada Bank Muamalat yang sesuai yaitu sesuai dengan pedoman standar sistem pengendalian intern bagi bank umum. Target Pengabdian ini yaitu peningkatan kemampuan Staf Bank Muamalat, Bendahara dan Pengelola/Pimpinan Bank Muamalat pada Bank Muamalat di Kota Kendari dalam mengelola pengendalian intern sehingga meningkatkan kompetensi dan keterampilan sumber daya manusia masyarakat dibidang akuntansi dan manajemen. Sedangkan luaran yang akan dicapai pada pengabdian ini yaitu tersedianya pengendalian intern yang baik pada Bank Muamalat di Kota Kendari sebagai citral di masyarakat luas dan sebagai bahan penilaian lainnya. Metode pelaksanaan kegiatan untuk mencapai tujuan tersebut adalah metode ceramah dan diskusi yang dilakukan oleh Tim untuk memberikan penjelasan tentang tujuan, manfaat dan kegunaan dari kegiatan pengabdian masyarakat serta Sosialisasi Pentingnya Pengendalian Intern Perbankan Pada Bank Muamalat kota Kendari. Selanjutnya metode demonstrasi dan pendampingan, dilaksanakan untuk memperagakan penyusunan laporan keuangan dan pertanggungjawaban keuangan.

References

Clarisa, S., & Tangkuman, S. J. (2018). Ipteks Pengendalian Internal dalam Meminimalkan Resiko Kredit Bermasalah pada Lembaga Pembiayaan. Jurnal Ipteks Akuntansi bagi Masyarakat, 2(2).

Indonesia, B. (2017). Pedoman Standar Sistem Pengendalian Intern Bagi Bank Umum. Direktorat Penelitian dan Pengaturan Perbankan, 1-23.

Maruta, H. (2016). Pengendalian Internal Dalam Sistem Informasi Akuntansi. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 5(1), 16-28.

Mulya, N. A., Purnamasari, P., & Maemunah, M. (2019). Peranan Audit Internal dan Pengendalian Internal Pemberian Kredit Usaha Rakyat terhadap Risiko Kredit Macet pada Bank BUMN di Kota Bandung.

Puspandoyo, T. (2015). Analisis Hubungan Antara Enterprise Resource Planning Dengan Efektivitas Pengendalian Internal Pada Sektor Perbankan. Jurnal Akuntansi Universitas Jember, 13(2), 1-12.

Published
2023-07-31