Analisis Pendapatan Pengusaha Pengepul Barang Bekas (Besi Tua Dan Plastik) Di Kota Kendari

  • Saemu Alwi Universitas Halu Oleo
  • La Ode Suriadi Universitas Halu Oleo
  • Apoda Apoda Universitas Halu Oleo
Keywords: Pengumpul, Besi Tua, Plastik

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pendapatan bersih pengumpul besi tua dan plastik di Kota Kendari. Untuk mengetahui besarnya keuntungan pengumpul tersebut. Jenis data menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil wawancara pada 5 perusahaan pengumpul besi tua dan plastik di Kota Kendari. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif menggunakan rumus Total pendapatan (TR) dikurangi dengan Total Biaya (TC). Hasil analisis penerimaan dan biaya menunjukkan bahwa kelima perusahaan menunjukkan bahwa memperoleh keuntungan dengan nilai keuntungan yang bervariasi antar satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Faktor yang membedakan perolehan keuntungan dari kelima perusahaan pengumpul besi tua dan plastik adalah faktor harga dan volume penjualan yang berbeda sedangkan faktor biaya secara relatif tidak jauh berbeda.

References

Arikunto. (2000). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

M. (2010). "Gambaran Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Tinjauan Aspek Pendidikan, Pengetahuan, Dan Pendapatan Perkapita Di RT 6 RW 1 Kelurahan Pendurungan Tengah Semarang". Semarang: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah.

Effendi, S. d. (2009). Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.

Machfoedz, M. (2005). Kewirausahaan : Metode, Manajemen, dan Implementasi. BPFEYokyakarta.

Muliasari, S. d. (2015). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Pengepul Sampah Di Kota Yokyakarta. Yokyakarta.

Neolaka. (2008). Kesadaran Lingkungan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Poerwadarmita. (2004). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sekaran. (2003). Research Methods For Bussines: A Skill Building Approach. In 4nd Edition. New York: John Willey & Sons.

Published
2023-07-31