Pendampingan Analisis Penjualan Pada Toko Tanah Abang Pakaian Keluarga Diera Reformasi Digital

Authors

  • Rizky Maharani Rustam Politeknik Bina Husada Kendari
  • Burhanuddin Burhanuddin Politeknik Bina Husada Kendari
  • Gjosphink Putra Umar Sakka Politeknik Bina Husada Kendari
  • Wulandari Pryangan Politeknik Bina Husada Kendari
  • Azwan Hepriansyah Politeknik Bina Husada Kendari
  • Tuti Dharmawati Program Studi S1 Akuntansi, Universitas Haluoleo

Keywords:

Digital Marketing, QRIS, BRIVA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan alat transaksi pembayaran digital di toko Tanah Abang Pakaian Kendari dalam teknik penjualan sehingga dapat menjadikan toko tersebut yang maju dalam era digital reformasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berupa pendekatan deskriptif dimana dalam pengaplikasiannya mencari makna dari data yang diperoleh berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan. Hasil dari pengabdian tersebut menunjukkan adanya sistem digital marketing menyeluruh dengan mengaplikasikan alat transaksi digital berupa QRIS dan BRIVA. Alat transaksi tersebut mampu meningkatkan omzet pendapatan penjualan dengan memudahkan pembeli atau pelanggan berbelanja dimana dan kapanpun dengan menggunakan alat transaksi digital.

References

Afida, A., & Zamzami, M. T. (2020). Perspektif Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Menggunakan Potongan Harga (Diskon) Dengan Berjangka Waktu di Pusat Perbelanjaan Ramayana Kota Salatiga. J-HES: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 04(2), 96–111.

Chaffey, D., Edmundson-Bird, D., & Hemphill, T. (2015). Digital business and E-commerce management : strategy, implementation and practice (6th ed.). http://digilibfeb.ub.ac.id/opac/detail-opac?id=61

Hidaya N. (2018). Analisis Strategi Digital Marketing Living Space dan Efo Store. Yogyakarta. Universitas Islma Indonesia

Purwana, D., Rahmi, & Aditya, S. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro , Kecil , Dan Menengah ( Umkm ). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17.

Kannan, P. K., & Li, H. “Alice.” (2017). Digital marketing: A framework, review and research agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22–45. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2016.11.006

Maulana, Y. (2017). Yuswohady: UKM Harus Manfaatkan Perkembangan Digital. SWA Online. https://swa.co.id/swa/csr-corner/yuswohady-ukm-harus-manfaatkan-perkembangandigital

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2),46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Sari, N. N., Misbahuddin, Yuniar, A., & Ibtisam. (2021). Analisis Hukum Islam terhadap Cashback di Tokopedia. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 05(02), 136.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta. U.S. Census Bureau. (2000). State and Country Quick Facts. Washington, D.C.: United States Bureau of the Census. Retrieved November 7, 2008, from http://quickfacts.census.gov/qfd/

Stockdale, R., Ahmed, A., & Scheepers, H. (2012). Identifying Business Value From The Use Of Social Media: An Sme Perspective. Pacific Asia Conference on Information Systems, 15. https://aisel.aisnet.org/pacis2012/169/

Published

2024-01-30