Gambaran Tingkat Pengetahuan Kebersihan Gigi Dan Mulut Dan Kejadian Karies Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Tirawuta

  • Aisyah Fachruddin Politeknik Binahusada Kendari
Keywords: Pengetahuan, Karies

Abstract

Pengetahuan hasil pengindraan manusia, atau hasil tahu seseorang terhadap objek melalui indra. Mengukur kebersihan gigi dan mulut merupakan upaya untuk menentukan keadaan kebersihan gigi dan mulut. Karies merupakan suatu penyakit jaringan keras gigi, yaitu email, dentin dan sumentum, yang disebabkan oleh aktifitas jasad renik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan kebersihan gigi dan mulut dan kejadian karies pada ibu hamil di puskesmas tirawuta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan jumlah sampel 32 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan totalsampling. Berdasarkan hasil penelitian pengetahuan ibu hamil diketahui 20 orang ibu hamil (62,5%) yang pengetahuannya dalam kategori baik dan 12 orang ibu hamil (37,5%) dalam kategori buruk.

References

Departemen Kesehatan RI. 2010. Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan: Jakarta.
Departemen Kesehatan RI. 2014. Pusat Datan dan Informas Kementrian Kesehatan RI. Jakarta.
Handayani. 2003. Tanaman Obat Untuk Masa Kehamilan:Jakarta
Liana Dkk. 2016. Kesehatan Gigi dan Mulut. EGC: Jakarta.
Notoatmodjo,S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta: Jakarta.
Pratiwi. 2007. Gigi Sehat Merawat Gigi Sehari hari:Jakarta
Puskesmas Tirawuta Kec. Tirawuta Kab. Kolaka Timur. Profil Puskesmas Tirawuta Kec. Tirawuta Kab. Kolaka Timur Tahun 2016-2017. Puskesmas Tirawuta: Kolaka Timur
Sariningsih, Endang. 2014. Gigi Busuk dan Poket Periodontal Sebagai Fokus Inpeksi.PT Elex Media Kompitundo: Jakarta
Published
2021-12-20