Pengaruh Media Komik Terhadap Pengetahuan Anak Tentang Makanan Kariogenik Yang Menyebabkan Gigi Berlubang Pada Siswa Kelas 4 Sd Negeri 26 Kendari
Keywords:
Pengetahuan, Media Komik Dan Makanan KariogenikAbstract
Latar belakang: Pengetahuan adalah hasil dari tahu dan ini terjadi setelah orang melakukan pengindraan (mata, hidung, telinga dan sebagainya) terhadap suatu objek. Sebagian besar pengetahuan seseorang diperoleh melalui indra pendengaran yaitu telinga dan indra penglihatan yaitu mata. Dengan sendirinya, pada waktu pengindraan sampai menghasilkan pengetahuan tersebut sangat dipengaruhi oleh intensitas perhatian dan persepsi terhadap objek (Notoatmodjo, 2012). Tujuan: Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media komik terhadap pengetahuan anak tentang makanan kariogenik yang menyebabkan gigi berlubang pada siswa kelas 4 SD Negeri 26 Kendari. Jenis penelitian: yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel dengan teknik penentuan sampel dengan teknik menggunakan total sampling. Hasil: Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data frekuensi pengaruh sebelum diberikan media komik terhadap pengetahuan anak tentang makanan kariogenik yang menyebabkan gigi berlubang pada siswa dengan jumlah sampel 32 orang yaitu, siswa dengan kriteria baik 2 orang dengan presentase 6%, siswa dengan kriteria cukup 11 orang dengan presentase 34% dan siswa dengan kriteria kurang yaitu 19 orang dengan presentase 60%. Sedangkan sesudah diberikan media komik diperoleh data frekuensi pengaruh media komik terhadap pengetahuan anak tentang makanan kariogenik yang menyebabkan gigi berlubang pada siswa dengan jumlah sampel 32 siswa yaitu, siswa dengan kriteria Baik 29 orang dengan presentase 91%, siswa dengan kriteria cukup 3 siswa dengan presentase 9% dan siswa dengan kriteria kurang yaitu 0 dengan presentase 0%. Hal ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan siswa sesudah diberi media komik.